Selasa, 31 Mei 2011

Sumber Modal Bisnis

Modal merupakan hal pertama yang terlintas di benak pebisnis pemula. Setelah mendapatkan ide bisnis untuk dijalankan, muncul satu persoalan baru terkait berapa besar modal yang harus dikeluarkan, dan modal tersebut akan diperoleh dari mana ?
Ada beberapa pilihan sumber modal, antara lain :


1. Modal dari kantong sendiri
Memang untuk bisnis yang lahir dari ide sendiri sebaiknya kita kuasai 100%, itu apabila kita yakin kalau bisnis bisa dijalankan sendiri, karena implementasi dari ide hanya kita sendiri yang memahaminya, dan yang terpenting juga modal yang dibutuhkan masih bisa ditanggung sendiri. Berbagi permodalan dengan orang lain yang tidak mempunyai keahlian, hanya punya uang, dikhawatirkan dapat menimbulkan gesekan di kemudian hari. Berbisnis dengan modal sendiri mempunyai konsekuensi untung dinikmati sendiri, rugipun dipikul sendiri. Tetapi sisi positifnya kita akan lebih hati-hati dan lebih serius dalam menjalankan bisnis kita untuk mencapai tangga kesuksesan.

2. Modal dari hasil kongsi dengan orang lain
Menawarkan orang lain untuk berinvestasi dalam bisnis yang akan kita jalankan memang memberikan manfaat, asalkan kita mengenal dengan baik karakter orang yang akan kita ajak sebagai mitra bisnis kita, dan mempunyai kesamaan dalam hal visi bisnis.
Orang yang kita tawarkan untuk bergabung dalam bisnis kita tidak harus menanamkan uang, tetapi bisa saja orang tersebut mempunyai keahlian yang tidak kita punyai. Apakah orang tersebut megerti masalah manajemen, punya keahlian dalam urusan pemasaran, atau mungkin ahli dalam urusan administrasi.
Selain mitra bisnis kita itu mempunyai kesamaan visi bisnis, dia juga harus mempunyai faktor lain, seperti uang atau ide yang banyak, ahli membuat produk, mempunyai jaringan yang luas. Walaupun sedikit mintalah mitra bisnis kita itu untuk menginvestasikan uangnya, agar mitra bisnis kita itu mempunyai rasa memiliki terhadap bisnis yang dijalankan, jangan sampai nantinya kalau ada tawaran yang lebih menarik, dia akan meninggalkan kita begitu saja. Mitra bisnis kita itu harus mempunyai keahlian khusus yang kita butuhkan, orangnya jujur sehingga dapat dipercaya, bisa diandalkan, mau bekerja keras, ahli membuat suatu produk.

3. Modal dari sumber dana lain
  • Sumber pendapatan bisnis dapat diperoleh dari kartu kredit dengan fasilitas penarikan tunai, atau pembayaran kredit selama + 40 hari setelah pembelian. Tidak dapat dipungkiri memang bunga pinjamann kredit dari kartu kredit sangat tinggi, tapi kalau memang terpaksa dan keuntungan bisnis kita bisa lebih tinggi dari bunga pinjaman, nggak masalah.
  • Pinjaman modal dari bank dengan syarat-syarat yang ditentukan oleh bank.
  • Bisa juga dengan cara menggadaikan kendaraan yang kita punya untuk mendapatkan dana tunai sebagai modal awal bisnis.
  • Memakai sistem anak asuh, binaan dengan perusahaan besar atau BUMN, yang saat ini sudah banyak dilakukan.
Sekarang berpulang kepada kita sebagai calon pelaku bisnis, mau menggunakan cara yang mana untuk mendapatkan sumber modal bisnis.

SALAM SUKSES BUAT ANDA DAN KITA SEMUA, AMIIN....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar