Minggu, 29 Mei 2011

Bermula dari yang kecil kemudian menjadi besar

Segala sesuatu yang ada di dunia ini bermula dari yang kecil baru kemudian menjadi besar. Begitu pula dalam berbisnis. Memulai bisnis dari ide yang kita miliki, bisa dilakukan dengan modal besar maupun dengan modal kecil. Tapi dalam hal ini menurut saya, kita sebaiknya memulai usaha dari modal  yang kecil dulu sehingga apabila kurang berhasil, kerugian materi yang kita alami tidak terlalu parah dan mental kita tidak terpukul.
Di sisi lain, apabila menjalani bisnis skala kecil saja sudah mendatangkan keuntungan, maka akan lebih mudah untuk mengembangkannya ke skala yang lebih besar. Di awal memulai bisnis jangan terlalu memikirkan hal  yang muluk-muluk di atas kertas, yang diperlukan adalah proses pengelolaan bisnis agar berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan. Beberapa milyarder terkenal dari Amerika, seperti Michael Dell pemilik Dell Computer, memulai bisnisnya dari kamar kos. Dia membeli komponen komputer di pasaran, kemudian merakitnya, dan berkantor di kamar kos serta mengantar pesanan dengan mobil pribadinya.
Bagi yang biasa berselancar di dunia maya, tentunya tidak asing dengan mesin pencari yang satu ini, yaitu Google. Google ini didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page yang memulai eksperimennya dari garasi rumah mereka. Di sana mereka makan, minum, berdiskusi, tidur, dan bereksperimen untuk menghasilkan model bisnis yang menggemparkan dunia maya atau dunia internet.
Di Indonesia, pengusaha salon terkenal Rudy Hadisuwarno, magang dahulu di salon milik ibunya. Sejak mudah Rudy memang sudah tahu apa yang akan dikerjakan selama hidupnya, yakni bisnis salon. Melalui inovasi, ketekunina, kerja keras, dan daya pikir kreatif, Rudy Hadisuwarno berhasil membangun kerajaan bisnis yang meliputi divisi salon umum, salok eksklusif, produk kosmetik, serta sekolah perawatan rambut dan kecantikan.
Sekarang yang terpenting adalah tidak perlu gengsi untuk memulai suatu bisnis, jangan perdulikan harus mulai dari lokasi mana dan modal berapa, yang terpenting bisnis bisa jalan dan mendatangkan untung. Kembali lagi saya tekankan dalam berbisnis sebaiknya dimulai dari skala kecil dan menjadi besar seiring perjalanan waktu. Sebagai akhir dari artikel ini, coba camkan pepatah Tiongkok ini : "Gedung pencakar langit dibangun dari lantai dasar, secara perlahan naik, tingkat demi tingkat."

SALAM SUKSES BUAT ANDA DAN KITA SEMUA, AMIIN....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar