Minggu, 29 Mei 2011

Memahami konsep berbisnis melalui permainan

Ada dua permainan yang cukup baik untuk mengajarkan kita konsep uang sehubungan dengan dunia bisnis, yaitu permainan Monopoli produksi Hasbro, tentunya kita semua kenal permainan yang satu ini, dan permainan Cashflow 101 board game karya Robert T. Kiyosaki.

Permainan Monopoli yang telah kita kenal sejak kecil mengajarkan kita untuk membeli aset/bisnis produktif sehingga dapat terus menghasilkan uang walaupun tidak harus bekerja dengan susah payah lagi. Cashflow 101 board game yang awalnya membuat heboh akhir-akhir ini sering dicela banyak orang, kadang dicap menjerumuskan dan dimusuhi. Tapi menurut saya permainan itu baik sekali untuk melatih pola pikir kita, apakah kita masih seperti karyawan-karyawati yang pilih aman atau sudah menyerupai pebisnis yang berani mengambil resiko tertimbang.
Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari Cashflow 101 board game, seperti bedanya aset dan liabilitas, pengeluaran produktif dan konsumtif, cara keluar dari krisis keuangan karena penghaslan tidak cukup sebagai karyawan, cara melihat peluang bisnis, cara disiplin mencatat semua transaksi keuangan pribadi.
Pendeskriditan permaian Cashflow 101 board game ini adalah kelompok orang-orang yang tidak berhasil dan kecewa dalam berbisnis akibat dari keputusan berbisnis secara emosional setelah bermain Cashflow 101 board game ini, dia adalah pemain yang langsung berhenti bekerja, kemudian berbisnis, ini sungguh sangat emosional dan riskan, sebaiknya hal ini dihindari.
Berbisnis bukan berarti kita bisa ongkang-ongkang kaki mendapatkan uang, kita tetaplah harus bekerja. Tidak ada yang salah dalam permainan-permainan tersebut, kita yang seharusnya dewasa dalam menarik ilmunya, menerapkan dalam cara berpikir kita, dan mengaplikasikan dalam kondisi nyata. Dalam hal apapun, apabila mengambil keputusan dengan emosional tidak akan menghasilkan keputusan yang baik dan berujung pada kegagalan kita.

SALAM SUKSES BUAT ANDA DAN KITA SEMUA, AMIIN....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar