Senin, 30 Mei 2011

Filosofi sebuah bisnis

Membangun sebuah bisnis dan memperoleh keuntungan besar sampai akhirnya dikatakan pasive income tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu sekejap, butuh perjalanan panjang, setahap demi setahap, jadi dibutuhkan kesabaran, dan semangat yang tetap terjaga, jangan sampai kalah sebelum perang usai.
Membangun sebuah bisnis filosofinya sama dengan membangun sebuah gedung bertingkat. Dasar (fondasi) dalam membangun sebuah bisnis haruslah kokoh agar dalam perjalanannya nanti mampu mengatasi berbagai persoalan-persoalan sullit, dan siap menikmati masa kesuksesan yang berakhir kebahagiaan. Berikut adalah ilustrasinya :

  • Dalam membangun gedung, fondasi berupa tiang pancang kokoh yang terbuat dari besi baja dan campuran semen, pasir, bata, dan kerikil agar tahan gempa, sedangkan dalam berbisnis diperlukan juga fondasi berupa pola fikir mau berbisnis dengan mantap dan membuat rencana bisnis detail yang jelas.
  • Membangun gedung mulai dari lantai bawah, lanjut ke lantai atas setahap demi setahap sampai akhirnya ke lantai puncak. Begitu pula dengan bisnis, dalam menjalankan rencana bisnis, harus dilakukan tahap demi tahap dengan memperhatikan skala prioritas dengan mendahulukan yang terpenting dan bila perlu diadakan revisi penyesuaian.
  • Dalam membangun gedung, setelah semua lantai selesai dibangun, baru kemudian dilengkapi dengan berbagai fasilitas tiap lantai agar siap dipakai. Dalam berbisnis, kita harus melengkapi dan memperkuat struktur organisasi, termasuk penyempurnaan strategi bisnis dari waktu ke waktu.
  • Tahap akhir dalam pembangunan sebuah gedung adalah finishing, agar secara fisik dan fungsi, gedung tersebut dapat menjadi layak untuk ditempati. Dalam bisnis, kita harus terus menerus menyempurnakannya di berbagai bidang, contohnya dalam hal perekrutan karyawan, dicari karyawan yang berkompeten, kemudian mempercantik tampilan interior dan eksterior kantor, memperkuat permodalan, efisiensi proses bisnis, memperluas produk/jasa sehingga nantinya konsumen merasa nyaman berhubungan dengan bisnis kita
SALAM SUKSES BUAT ANDA DAN KITA SEMUA, AMIIN....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar